Senin, 19 Oktober 2009

Apakah Ivy Beracun ( Poison Ivy ) Itu?

Apakah Ivy Beracun ( Poison Ivy ) Itu?

Kita mengetahui bahwa manusia dan hewan harus menemukan cara untuk mempertahankan dirinya terhadap musuh. Tumbuhan juga mempertahankan dirinya terhadap musuh. Tumbuhan juga membutuhkan perlindungan untuk bertahan. Salah satu pertahanan alami yang dapat dimiliki tumbuhan adalah mempunyai racun yang membuatnya berbahaya untuk dimakan atau bahkan disentuh.

Salah satu tumbuhan racun yang paling banyak terdapat di Amerika Utara adalah Ivy beracun. Kontak dengan tumbuhan ini dapat menyebabkan peradangan dan rasa gatal, walaupun tidak semua orang terpengaruh dengan cara yang sama.

Ivy beracun tumbuh di Amerika Serikat dari Texas bagian timur, Kansas timur, dan Minnesota. Tumbuhan ini merambat pada batang pohon yang tinggi, tumbuh di antara semak di sepanjang jalan, dan bahkan tumbuh di tempat berpasir dimana kebanyakan tumbuhan lain tidak bisa tumbuh.

Biasanya tumbuhan ini adalah tumbuhan merambat dengan tiga daun, tapi kadang-kadang tumbuh tegak seperti perdu. Ivy beracun tetap hijau segar pada musim panas yang paling kering. Pada musim gugur, ia berubah menjadi nuanasa merah tua.

Racun pada Ivy beracun adalah minyak yang disebut "toxicodendrol". Dan ini ditemukan di setiap bagian tumbuhan, bukan hanya pada daunnya. Inilah sebabnya mengapa keracunan ivy beracun dapat terjadi sepanjang tahun.

Sekitar satu dari lima orang tidak terpengaruh pada ivy. Kebanyakan orang percaya, kalau cairan dari bintik-bintik berisi cairan pada tubuh menyebar ke bagian tubuh lainnya, racun akan menyebar. Tapi ini tidak benar. Apa yang terjadi adalah efek racun sudah muncul pada bagian tubuh yang berbeda sejak awal.

Dikutip dari buku berjudul Aku Ingin Tahu - Arkady Leokum

0 komentar:

Posting Komentar