Senin, 19 Oktober 2009

Apakah Laut Mati Itu?

Apakah Laut Mati Itu?

Tentu saja ini adalah nama yang aneh untuk sebuah danau - tapi tidak ada tempat lain di dunia yang mempunyai nama seperti ini.

Lautan ini pertama kali disebut "laut mati" oleh penulis Yunani kuno. Orang ibrani menyebutnya antara lain sebagai "laut asin". Para penulis Arab menyebutnya "laut bau".

Apa yang aneh pada laut ini? Sebenarnya laut ini adalah danau besar sempit yang berada di antara Yordania dan Israel. Letaknya pada celah dalam, yang merupakan tanah rendah yang dalam pada daerah ini.

Laut Mati panjangnya sekitar 77 kilometer, dan lebarnya berkisar antara 5 sampai 17,5 kilometer. Sekarang sampailah kita pada bagian yang menarik. Laut Mati adalah perairan paling rendah di dunia. Permukaan laut ini sekitar 390 meter di bawah ketinggian permukaan laut. Bagian selatan laut ini sangat dangkal, tapi di utara kedalamannya sekitar 390 meter.

Tidak ada aliran yang keluar dari Laut Mati. Tapi ke dalamnya mengalir sungai yordan dari utara dan banyak sungai kecil dari lereng-lereng di sekitarnya. Hanya ada satu cara kelebihan air di lenyapkan - dengan penguapan. Ini meninggalkan air yang mengandung mineral dengan konsentrasi tinggi, seperti garam, garam abu, magnesium, klorida, dan bromina.

Laut Mati adalah perairan paling asin di dunia. Airnya sekitar enam kali lebih asin daripada samudra! Juga ada banyak mineral terkumpul di laut ini, sehingga kalau ada orang yang berenang, kepala dan bahunya selalau akan berada di atas air! Mineral ini dapat berguna bagi manusia. Bahkan, diperkirakan didalam laut ini larut sekitar dua juta ton garam abu, yang digunakan untuk membuat pupuk buatan.

0 komentar:

Posting Komentar